KPU dan Bawaslu Halut Gelar Sosialisasi Bagi Pemilih Penyandang Disabilitas

KPU dan Bawaslu Halut Gelar Sosialisasi Bagi Pemilu Disabilitas
Pemilih diberi hak sama dalam pemilu 2024 (idetimur.com/fh)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menggelar Sosialisasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Bagi Pemilih Penyandang Disabilitas, Rabu (17/1/2023).

Ketua KPU Muhammad Rijal menjelaskan, kegiatan tersebut fokus pada hak-hak penyandang disabilitas, bahwa seluruh pemilih termasuk penyandang disabilitas juga akan dilayani dan difasilitasi secara baik oleh penyelenggara Pemilu. Maka dengan adanya Pemilu tahun 2024 dirancang inklusif dan ramah disabilitas.

Baca Juga:

KPU Provinsi Maluku Utara Antispasi Perubahan Data Pemilih Pada Wilayah Pertambangan

“Disabilitas juga mempunyai hak-hak yang diatur dalam regulasi diantaranya hak untuk didaftar sebagai pemilih, hak atas informasi tentang pemilu, hak atas tempat pemungutan suara (TPS) yang aksesibel, hak atas pemberian suara yang rahasia, hak untuk mencalonkan diri dan dipilih menjadi anggota legislatif, menjadi presiden dan wakil presiden, serta menjadi kepala daerah di provinsi, kabupaten/kota dan hak menjadi penyelenggara pemilu di semua tingkatan,” jelasnya.

Sementara untuk penyandang tunanetra, juga sediakan alat bantu berupa pola yang memuat huruf braille pada identitas peserta pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta DPD dalam surat suara.

Mengingat tidak semua bisa membaca huruf braille maka bisa didampingi oleh keluarga atau petugas yang dipercayainya. Nantinya, ketika sampai di TPS, pendamping akan mengisi formulir pendampingan terlebih dulu.

“Sedangkan, untuk penyandang tunarungu petugas akan menepuk pundaknya ketika tiba gilirannya untuk mencoblos,” tandasnya.

Saat ini Pemilu sudah dalam tahapan kampanye berlangsung selama 75 hari tepatnya dari tanggal 28 November 2023-10 Februari 2024. Maka Masa tenangnya di tanggal 11-13 Februari dan besok harinya tanggal 14 pemungutan dan perhitungan suara.

Fh

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *