6 Program Prioritas Bupati Taliabu di Tahun 2024

Taliabu
Foto: Pembukaan Musrembang tingkat Kabupaten Taliabu dibuka lansung oleh Bupati Aliong Mus (istimewah)

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, H. Aliong Mus membuka secara resmi kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembang) tingkat Kabupaten tahun 2023, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan berlansung di Aula Gedung Baru Kantor Bupati Pulau Taliabu, dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, serta unsur Forkompimda setempat.

Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Aliong Mus dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2024.

Baca Juga:

Kerjasama Dialog Interaktif Pengadilan Tinggi Malut dan Pemkab Taliabu

Selain itu penyelengaraan Musrenbang RKPD ini juga merupakan penjabaran tahun ketiga dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Dearah (RPJMD) Pulau Taliabu tahun 2021-2026, yaitu untuk mencapai visi mewujudkan Masyakat Kabupaten Pulau Taliabu yang Unggul, Berakhlak Mulia, Mandiri dan Sejahtera.

Kesempatan itu Bupati dua periode itu menguraikan beberapa isu strategis dan permasalahan pembangunan yang masih dihadapi sampai saat ini di Kabupaten Pulau Taliabu.

Baca Juga:

Bangun Laboratorium Unkhair Jadi Komitmen Aliong-Ramli Tingkatkan Kualitas SDM Maluku Utara

Permasalahan itu tentunya berkaitan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat untuk pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar pembangunan, selain itu belum optimalnya pemanfaatan potensi unggulan daerah.

“Berangkat dari isu strategis itulah, maka, Tema pembangunan, yaitu ‘Mewujudkan Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia dan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Penguatan Daya Saing Ekonomi Masyarakat yang Inovatif,” jelas Politisi Golkar itu.

Lebih lanjut Bupati menguraikan, tema pembangunan dimaksud mengarahkan Pemda Pulau Taliabu untuk lebih fokus pada lima prioritas pembangunan di tahun 2024.

Lima prioritas itu, pertama tentang pembangunan sumberdaya manusia melalui peningkatan cakupan akses dan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan. Kedua, pembangunan infrastruktur dasar untuk transportasi dan pemukiman.

Selanjutnya poin ketiga tentang peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui penguatan sektor pertanian, perikanan, pariwisata, dan UMKM.

Keempat, pengentasan kemidkinan ekstrem. Kelima, pelesetarian lingkungan hidup dan ketahanan bencana, dan Keenam, peningkatan kualitas pelayanan public yang lebih inovatif.

Dalam akhir sambutan ini, Bupati Aliong juga meminta penaganan Stunting di Pulau Taliabu agar terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

Langkah ini penting guna mempertahankan prestasi dan penghargaan sebagai kabupaten yang berhasil menurunkan angka prevalensi stunting hingga 11,5 persen pada tahun 2022 lalu.

“Penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Pulau Taliabu dalam program penaganan stunting itu, harus dipertahankan dan atau lebih ditingkatkan lagi penganannya,” ujarnya.

 

Ar

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *