BI Siapkan 1.4 T Untuk Kebutuhan Idhul Fitri

BI antisipasi kebutuhan uang menjelang hari Raya Idhul Fitri (istimewa)

Ternate, IDETIMUR.COM-Untuk mengantisipasi kebutuhan uang kartil yang akan meninggkat jelang Idhul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Utara siapkan Rp 1,4 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Maluki Utara, R. Eko Adi Iriyanto menyampaikan, dari total Rp 1,4 triliun yang disiapkan BI terdiri tersebut, terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu sebesar Rp 1,3 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) kurang dari Rp 20 ribu sebesar Rp 107 miliar.

“Jumlah tersebut sangat siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan hingga Lebaran nanti yang diproyeksikan mencapai Rp 876 miliar yang terdiri dari UPB sebesar Rp 821 miliar dan UPK sebesar Rp 55 miliar, meningkat 11% dibandingkan Ramadan tahun lalu,” jelas Eko, Selasa (5/4/2022).

Peningkatan tersebut, kata Eko sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut dan mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat karena pandemi yang mulai terkendali.

Menurutnya, pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri, diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran khususnya pembayaran secara tunai. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *